Profil Club Sepak Bola Dunia

Senin, 04 Mei 2015

Profil dan Sejarah Klub Sepak bola Manchester United !!

   
   
Club Manchester united adalah sebuah klub sepak bola profesional inggris berbasis di old traffor yang bermain di Liga Premier Inggris. Didirikan pada tahun 1878 Dengan nama Newton Health LYR Football club, seiring berjalan nya waktu pada tahun 1902 berganti nama lagi menjadi klub yang sekarang kita kenal sebagai Manchester United dan pindah ke Old Trafford pada tahun 1910.

Manchester United merupakan klub sepak bola yang memiliki pendapatan dengan urutan ke tiga dunia, dengan pendapatan setahun mencapai 395.9 juta Euro dan menjadi klub kedua yang paling berharga pada tahun 2013. Klub ini memiliki banyak dukunggan dari seluruh dunia, Saham nya pernah tercatat di London Stock Exchange pada tahun 1991.
Pada mei 2005 Klub ini di beli oleh Malcolm Glazer dengan harga gampir mencapai 800 juta Pound.

1.Sejarah

     Pada tahun 1878 tim pertama kali di bentuk dengan nama Newton Heath Lancashire dan Yorkshire Railwaiy F.C. sebagai tim karya lancashire dan yorkshire di stasiun kereta api di Newton Heath. Mereka pertama bermain di sebuah lapangan kecil yang terdapat di North Road Dekat stasuin kereta api Piccadilly Manchester selama lima belas tahun.
pada tahun 1893 tim ini pindah ke Bank Street di Kota Clayton dan tim memutuskan hubungannya dengan stasiun kereta api dan menjadi perusahaan yang mandiri. Pada tahun 1902 tim ini nyaris bangkrut dengan utang sebesar 2500 pound dan lapangan tempat mereka berlatih pun di tutup
Pada bulan januari 1902, Sebelum akhir nya mereka memutuskan untuk bubar ternyata mereka menerima investasi dai J.H.Davies yang merupakan di rektur Manchester Breweries yang awal nya merupakan seorang tim legenda.
Diadakannya rapat untuk menganti nama tim, sebelumnya sudah ada 2 nama yang di usulkan yaitu "Manchester Central" dan "Manchester Celtic". Louis Rocca seorang pemain imigran muda asal Itali mengusulkan dengan nama "Manchester United", Akhir nya sudah ditetap kan nama untuk tim tersebut yaitu Manchester United seperti yang sekaran kita kenal.

     Bulan september 1902 James West sekalu sekretaris klub mengundurkan diri dan di gantikan oleh Ernest Mangnall. Mangnall berusaha sangat keras untuk mengangkat tim tersebut ke divisi satu dan akhir nya gagal dengan menempati urutan ke 5 Liga divisi dua. Mangnall pun berinisiatif untuk merekrut pemain seperti Harry Moger,Dick Duckworth,John Picken dan Charlie Roberts yang membawa dampak besar bagi tim.
Di tahun 1905-1906 mereka akhirnya berpromosi ke divis satu setelah selesai di urutan ke dua Divisi dua. Mereka akhirnya berhasil memenangkan gelar pertama nya di Liga pada tahun 1908.
Pada musim 1907-08 United memulai kemenangannya secara berutun dengan 10 kali kemenangan. Namun pada akhirnya, mereka tutup musim dengan keunggulan 9 poin dari rival mereka, Aston Villa.
     pada musim 1910-11 mereka berhasil memenangkan kembali trofi Liga Divisi Satu untuk kedua kali nya. Mangnall pindah ke Manchester city setelah 10 tahun nya bersama Machester United, tim tersebut tidak pernah memenangkan satu trofi pun setelah sudah 41 tahun bermain. di bulan oktober 1927 J.H.Davies akhir nya meninggal dunia, keuangan klub ini semakin memburuk.
pada bulan desember 1931 seorang dermawan yang bernama James W. Gibson meginvestasikan uang nya sebesar 2.000 Pound dan memehgang kendali atas klub ini.

     Pada Tahun 1945, Matt Busby ditunjuk sebagai manajer yang berbasis di old trafford. Tetapi dia meminta untuk menunjuk tim nya sendiri, merekrut pemain sendiri dan menentukan jadwal latihan nya sendiri. Busby tidak langsung merekrut seorang pemain tetapi seorang manajer yang bernama Jimmy Murphy, Keputusan nya sangat tepat karena mampu membawa tim tersebut kedua liga pada tahun 1947,1948 dan akhir nya memenang Piala FA tahun 1948.
di tahun 1952 mereka berhasil meraih kembali gelar Divisi satu, busby pun berpikir kalau sepak bola tidak hanya di butuhkan pengalaman tetapi kita membutuh kan pemain-pemain muda, akhir nya Busby merekrut pemain muda seperti Roger Byrne,bill Foulkes,Mark Jones dan Dennis Viollet. Setelah Tergelincir di posisi 8 pada tahun 1953, tim ini kembali memenangkan liga pada tahun 1956 dengan rata-rata pemain nya brusia 22 tahun.
Pada Musin 1956-57, mereka menang liga kembali dan mencapai final Piala FA setelah kalah dari Aston Villa. Mereka pun menjadi tim inggris yang pertama kali ikut dalam pertadingan Piala Champions Eropa atas kebijakan FA, Tetapi United hanya sampai di babak semi final setelah di kandaskan oleh Real Madrid.
   
           Pada tanggal 6 februari 1958 terjadi tragedi yang merenggut nyawa 8 pemain Manchester united dan 15 penumpang lain nnya termasuk para staf nya , ketika pesawat yang membawa tim pulang dari pertandingan Piala Champions Eropa harus mengalami kecelakaan saat mendarat di Munchen untuk mengisi bahan bakar. Pemain sayap kanan bernama Johnny Berry selamat dari kecelakaan tersebut tetapi dengan cedera yang dia derita harus membuat karier sepak bola nya berakhir.
Dokter yang merawat Matt Busby mengatakan kalau dia tidak memiliki harapan lagi, namun dia pulih dengan cepat dan keluar dari rumah sakit setelah dua bulan di rawat di rumah sakit, rumor nya sempat klub ini akan bubar tetapi Jimmy Murphy yang sementara mengantikan posisi Busby ketika dia masih di rawat di rumah sakit, meskipun kehilangan tim tetapi klub ini bisa mencapai final piala FA 1958 setelah kalah dari Bolton Wanderers.

     Di awal dekade 60-an, Busby kembali membangun tim dengan membeli pemain seperti Denis Law dan Pat Crerand. Yang paling terkenal di sejumlah pemain muda yaiut adalaha George Best, tahun 1963 tim United memenangkan Piala FA. Keberhasilan memenangkan Piala FA Mebuat sejumlah pemain termotivasi dan membuat klub ini terangkat ke posisi kedua liga tahun 1964 dan memenangkan Liga Tahun 1965 dan 1967.
     Di tahun 1968, Manchester United berhasi memenangkan Piala Champions Eropa dan menjadi kan tim inggris pertama yang memenangkan kompetensi ini. Matt Busby akhir nya mengundurkan diri pada tahun 1969 dan di gantikan oleh pelatih cadangan yaitu Wilf McGuinness. Setelah masa yang gemilang di dapatkan tim ini, terjadi masa-masa sulit yang di hadapai tim ini setelah di tangani oleh Wilf McGuinness.
     Di musim 1970-71, Wilf McGuinness mengawalinya dengan buruk, kemudian menjadi pelatih tim cadangan. Busby kembali melatih tim United hanya selama 6 bulan, United mendapatkan hasil yang lebih baik tapi pada akhir nya Busby meninggalkan klub pada tahun 1971. Dalam kurun waktu united telah kehilangan beberapa pemain handal nya seperti Nobby Stiles dan Pat Crerand.
Busby di gantikan oleh Docherty yang menjadi manager di akhir 1972, menyelamatkan United dari degradasi namun akhir nya United terdegradasi pada tahun 1973, United mencapai Final Piala FA tahun 1976 tetapi di kalah kan oleh klub Southampton. Mereka mencapai final lagi tahun 1977 dan menang atas livelpool 2-1, dalam Kesuksesan ini, Docherty pun dipecat karena ketahuan memiliki hubungan denga istri fisioterapi.
    Docherty di gantikan oleh Dave Sexton di musim panas tahun 1977, Namun tidak dapat membawa United menembus ke papan atas walapun hanya sekali lolos ke babak final Piala FA setelah di kalahkan oleh Arsenal. Karena tidak dapat meraih gelar, Akhirnya Sexton di pecat pada tahun 1981. Manager yang mengantikan Dave adalah Ron Atkinson, United berhasil memenangkan Piala Fa 2 kali dalam 3 tahun terakhir yaitu pada tahun 1983 dan 1985.
Seiring di berjalan nya waktu permainan United semakin buruk di akhir musim di urutan 4 klasemen. Hasil ini terus memburuk sampai akhir musim yaitu di ujung batas degradasi pada november 1986, Atkinson pun akhir nya di pecat dan di gantikan oleh manajer dari Aberdeen yaitu Alex ferguson, dengan membawa klub united ke posisi 11 pada musim 1987-88.

     Pada dua musim berikut nya United mengalami masa sulit dengan pembelian pemain yang cukup banyak. Alex Ferguson terancam akan di pecat pada awal tahun 1990, tetapi sebuah keajaiban muncul dari sebuagh gol dari Mark Robins yang membawa United menang atas Nottingham Forest di babak ketiga Final FA dan membuat Ferguson terselamatkan dari pemecatannya, dengan memenangkan Piala FA Setelah mengalahkan Klub Crystal Palace di partai ulang babak final.
     United memenangkan Winners'Cup di tahun 1990-91, Setelah mengalahkan juara di musim itu yaitu Spanyol dan di babak final mengalahkan Barcelona. Musim 1998-99 Manchester United menjadi satu-satunya tim yang berhasil meraih Treble (tiga gelar dalam satu musim)- Dengan memenangkan Piala FA , Liga premier Ingrris dan Liga Champion UEFA Pada musim yang sama.
Pada tanggal 8 Mei 2013. Ferguson di kabarkan akan pensiun sebagai manajer pada akhir musim, tetapi dia akan tetapi sebagai direktur dan duta club United. tanggal 1 juli 2013 Ferguson di gantikan oleh David Moyes setelah menandatangani kontrak selama 6 tahun, Tetapi David Moyes di kabarkan meninggalakan klub tersebut pada tanggal 22 april 2014


2.Prestasi

-Menjadi juara di Liga Premier Inggris sebanyak 20 kali
-Menang di Liga Divi Satu Ingrris 2 kali
-Menang di Piala FA Sebanyak 11 kali
-Menang di Piala Carling sebanyak 4 kali
-Menang di FA Chartiy/Community shield sebanyak 20 kali
-Menang di Liga Champions UEFA Sebanyak 3 kali
-Menang di Piala Winners UEFA sebenyak 1 kali
-Menang di Piala Interkontinental Sebanyak 1 kali
-menang di piala Dunia Antarklub FIFA sebanyak 1 kali

Tidak ada komentar:

Posting Komentar